Rabu, 10 Juni 2015

Beseprah Warisan Tradisi Masyarakat Kutai

reborneo.com – Acara yang ditunggu dari masyarakat Kutai Kartanegara khususnya Tenggarong, yakni makan bersama - sama dengan duduk bersila / lesehan yang merupakan tradisi etnis Kutai dikenal dengan nama "Beseprah". Sejak pagi (10/6) jam 08.30 Wita seluruh Dinas SKPD, sponsor dan masyarakat sangat antusias terlihat dari banyaknya yang hadir memadati ruas jalan dari Jembatan Besi sampai dengan Jalan Mulawarman, depan SMAN 1 Tenggarong.

( Bupati Kukar memberikan sambutan )

Hadir juga Bupati Kutai Kartanegara, Rita Widyasari bersama Ketua DPRD Kukar Salehuddin dan Putera Mahkota Kesultanan H. Adji Praboe Anoem Soerja Adiningrat dan perwakilan dari Delegasi EIFAF 2015, dalam sambutannya Rita Widyasari mengungkapkan tradisi beseprah bertujuan untuk mempererat hubungan silaturahmi. Terutama antara para petinggi atau penguasa dengan rakyatnya. Disamping media saling menyampaikan informasi maupun aspirasi dari atasan ke bawah atau sebaliknya. Sebab melalui media beseprah interaksi dan kohesifitas sosial menjadi lancar.

( Pemukulan Kentongan menandai dimulainya Beseprah

Bupati Kutai Kartanegara Rita Widyasari, Putera Mahkota, Ketua DPRD dan bersama perwakilan dari Delegasi EIFAF 2015 menandai dimulainya acara tersebut dengan pemukulan kentongan secara bersama - sama. dan dalam waktu 1 jam ratusan macam kuliner serta minuman ludes dimakan.(rhi)

( Bupati Kukar makan bersama )

( Salah satu peserta EIFAF sedang menikmati makanan )

( Masyarakat Tenggarong )

0 komentar:

Posting Komentar