Jumat, 12 Juni 2015

Delegasi EIFAF Ikuti Cultural Visit

reborneo.com – Jelang berakhirnya gelaran Erau International Folklore and Arts Festival 2015 Bupati Kutai Kartanegara Rita Widyasari mengajak 13 delegasi manca negara melakukan Cultural Visit. Acara ini selain diisi menari bersama juga ada lomba olahraga tradisional Enggrang antar peserta delegasi.

Acara Culural Visit ini dilakukan di rumah contoh tradisional lamin dayak Kenyah yang berada di pusat rekreasi dan wisata Pulau Kumala Tenggarong. Para delegasi peserta EIFAF manca negara itu selain diajak melihat bangunan dan tradisi serta kehidupan sehari tradisional etnis dayak yang ada di Kukar juga mencoba beradaptasi dengan berbagai macam kebudayaan suku dayak yang mayoritas bermukim di Kukar. Mulai dayak Kenyah, Benuaq, Tunjung dan Bahau.

(Lomba Enggrang antar sesama anggota delegasi di lamin Pulau Kumala Tenggarong)

Menurut Bupati Rita keberadaan etnis dayak di Kukar merupakan aset sekaligus potensi yang sangat berharga. Karena memiliki kebudayaan dan tradisi yang masih tetap dilestarikan hingga saat ini. Dalam kesempatan itu Bupati Rita Widyasari mengajak seluruh peserta EIFAF untuk menarikan tarian tradisional Gantar bersama. Kemudian dilanjutkan lomba olahraga tradisional Enggrang dan lomba kelom panjang.

Sebelumnya segenap anggota delegasi 13 negara peserta EIFAF disuguhan aneka kuliner khas Kutai diantaranya seperti lemang, getas, dan cucur. Semua peserta delegasi manca negara sangat antusias dan menikmati kegiatan ini dengan gembira.(umar/joe)

0 komentar:

Posting Komentar