Rabu, 17 Juni 2015

Pengamatan Hilal oleh Tim Rukyat Hilal Kukar

reborneo.com - Tim rukyat hilal Kukar kemarin (16/6)sore melakukan pengamatan hilal yang dilaksanakan di Gunung Sentul, Kelurahan Timbau, Kecamatan Tenggarong. Untuk menentukan 1 Ramadhan selain menggunakan metode perhitungan (hisab) juga disempurnakan dengan melihat hilal (rukyah).


Persiapan sudah di lakukan sejak pukul 17.00 Wita dengan mempersiapkan satu buah teleskop ke arah barat tepat di posisi matahari terbenam. Kegiatan yang dihadiri oleh Ketua Tim Hisab Rukyat Hilal Kukar, Ariadi F, SAg. sejumlah staf Kementrian Agama, tokoh agama dan masyarakat.



Dalam pengamatannya Tim rukyat hilal Kukar tidak mampu melihat posisi hilal setelah pandangan terhalang awan tebal, Ariadi menerangkan “Tim hisab rukyatul hilal hari ini tidak bisa melihat posisi hilal karena posisinya sudah berawan, mendung, Melalui metode aplikasi hisab rukyat, kondisi ketinggian hilal berada pada -2 derajat 45 menit 10 detik, atau diperkirakan muncul pada pukul 21.54 menit. Dengan kata lain, Insya Allah 1 Ramadan 1436 H jatuh pada hari Kamis, tanggal 18 Juni 2015, sehingga bulan Sa’ban jadi genap menjadi 30 hari, namun masih menunggu keputusan dari Menteri Agama dalam sidang Isbat di Jakarta”. (rhi)

0 komentar:

Posting Komentar